Home / Forum

Forum

Syarat Seoarang Sebelum Melamar Kerja  

  RSS

danuadji
New Member
Joined: 1 tahun  ago
Posts: 2
26/01/2020 1:41 am  

Sebelum memulai untuk melamar pekerjaan, maka kita harus melengkapi beberapa kelengkapan dan syarat melamar kerja :

1. Surat Lamaran Kerja

Syarat yang wajib dipenuhi sebagai senjata utama para pelamar kerja. Biasanya ditulis dengan tulisan tangan. Tips menulisnya adalah harus jelas atau to the point. Jangan menggunakan kalimat yang terlalu panjang atau bertele-tele. Cukup satu lembar saja, tidak sampai berlembar-lembar.

Baca juga: Tugas Customer Service

2. Curriculumm Vitae Atau Daftar Riwayat Hidup

Kelengkapan ini adalah pasangan dari surat lamaran kerja yang telah kita tulis. Disendirikan di lembar tersendiri atau jika ditulis dengan tulisan tangan, maka bisa satu tempat dengan surat lamaran. Dimana biasanya menggunakan kertas folio bergaris yang sekali pakai terdiri dari dua lembar.

3. Foto Kopi Ijazah

Tergantung permintaan, bisa fotokopi ijazah terakhir saja atau fotokopi ijazah sejak jenjang SD. Fotokopi bisa cukup fotokopi saja atau dilegalisir sekalian.

4. Fotokopi Sertifikat Dan Piagam

Ini juga menjadi kelengkapan dan syarat melamar kerja yang sangat direkomendasikan untuk dilengkapi. Fotokopi sertifikat ini sebagai bukti keahlian kita, sedangkan fotokopi piagam ini menunjukkan akan prestasi yang pernah kita raih.

5. Fotokopi Identitas Diri

 

Yakni berupa KTP atau Kartu Tanda Penduduk. Sudah jelas dan sudah pasti harus disertakan, karena sudah menjadi persyaratan wajib. Tujuannya adalah sebagai bukti akan alamat yang tercantum dalam daftar riwayat hidup sudah sesuai dengan alamat di KTP.

6. SKCK

Yang dimaksud SKCK adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Selain itu SKCK juga dikenal dengan surat berkelakuan baik ini adalah salah satu syarat penting yang harus dipenuhi. Surat ini dijadikan sebagai bukti bahwa kita bebas dari catatan kejahatan kepolisian. Kekuatan dari surat ini sangatlah tinggi, sehingga harus disertakan.

7. Surat Keterangan Sehat dari Dokter

Untuk memenuhi syarat wajib dari perusahaan yang membuka loker, yakni harus sehat jasmani dan rohani, maka dalam surat lamaran kita ini, kita harus menyertakan surat keterangan sehat dari dokter. Surat ini wajib dilampirkan bahwa kita dalam keadaan sehat, tidak menderita penyakit yang mengganggu pekerjaan.

8. Pas Foto

Untuk menambah keakuratan dari surat lamaran yang kita ajukan, maka kita harus memberikan foto diri kita. Pas foto harus disertakan dengan berbagai alternatif ukuran, tergantung permintaan. Ada yang 3×4, 4×6, bahkan 4R atau close up atau seluruh badan.

 

Kesemuanya itu harus disertakan dalam memenuhi kelengkapan dan syarat melamar kerja agar kita segera mendapatkan pekerjaan. Terkadang kita mengabaikan kelengkapan ini, yang penting sudah fotokopi KTP, ijazah, dan menyertakan surat lamaran kerja. Alhasil kita menjadi sulit untuk mendapat pekerjaan karena tidak lolos administrasi.

Edited: 1 tahun  ago

ReplyQuote
kaktusblue
New Member
Joined: 1 jam  ago
Posts: 1
10/06/2021 10:31 am  

garment manufacturing erp software


ReplyQuote
  
Working

Please Login or Register

Powered by moviekillers.com